Selasa, 11 Oktober 2011

PILKETOS

 
Pemilihan Ketua OSIS SMAN 3 Brebes Layaknya Pemilu
Takwo Heriyanto
Rabu, 14/09/2011, 22:27:22 WIB
Ika Dewi JS. (tengah) dengan kebaya putih terpilih sebagai Ketua OSIS SMAN 3 Brebes masa bhakti 2011-2012 (Foto: Takwo Heriyanto)
PanturaNews (Brebes) - SMA Negeri 3 Brebes, Jawa Tengah, mengadakan pesta demokrasi secara langsung, yakni pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) periode 2011-2012. Sebanyak lima calon ketua hari itu berusaha mencari simpati dan dukungan dari seluruh siswa-siswi di halaman sekolah, Rabu 14 September 2011.
Para kandidiat ketua OSIS tersebut adalah, Gita NP kelas XI IPA 3, Genta SP kelas XI IPA 2, Ika Dewi JS kelas XI IPS 2, Syamsul PH kelas XI IPA 2 dan Nila kelas XI IPA 1. Layaknya pesta demokrasi Pemilu, sebelum menjadi calon mereka terlebih dahulu harus melalui beberapa tahapan. Tahap awal, disamping menyalonkan diri, mereka juga sudah mendapat dukungan pengurus OSIS dan siswa lainnya.
Hal itu karena mereka nantinya akan mewakili tiap-tiap kelas. Setelah lolos seleksi tahap awal ini, para calon kemudian diberi kesempatan memaparkan visi dan misinya di depan para siswa lainnya. Sebelumnya, jumlah pendaftar calon ketua OSIS sebanyak 120 orang, namun melalui proses seleksi yang ketat, akhirnya hanya lima calon ketua OSIS yang tersaring.
Layaknya kampanye pula, di atas mimbar para calon ini berusaha meyakinkan siswa lainnya jika progamnya yang terbaik. Dalam pemaparan visi misi, tipa calon diberi waktu sekitar lima menit.
Tahap selanjutnya hari pencontrengan. Dalam pencontrengan ini metodenya sama persis dengan pemilu. Pertama, siswa terlebih dulu mengambil surat suara di meja panitia pemungutan suara.
Setelah itu menuju bilik dan mencontreng calon yang didukung kemudian memasukkan suara ke dalam kotak yang disediakan panitia. Setelah itu kemudian dilakukan penghitungan suara secara terbuka dengan disaksikkan siswa, calon ketua OSIS, saksi, dan sejumlah guru. Setelah melalui penghitungan suara yang diwarnai dengan  tepuk tangan dari simpatisan masing-masing kandidat.
Dalam pemilihan Ketua OSIS SMA Negeri 3 Brebes periode 2011-2012, akhirnya Ika Dewi JS berhasil memenangkan pesta demokrasi tersebut dengan mengumpulkan 1240 suara.
Diurutan kedua, Syamsul dengan 211 suara, urutan ke tiga Genta SP 156 suara, urutan ke empat Nila dengan 141 suara, dan urutan ke lima Gita NP dengan perolehan 50 suara. Dengan hasil tersebut maka secara otomatis Ika Dewi JS terpilih sebagai ketua OSIS SMA Negeri 3 Brebes masa bhakti 2011-2012.
Kepala Sekolah SMAN 3 Brebes, Drs H Bambang Gunawan melalui Wakasek Kesiswaan, Sadimin MEng mengatakan, kegiatan Pilketos merupakan kegiatan yang sudah berlangsung sejak lama. "Ini merupakan pesta demokrasi SMAN 3 Brebes. Diharapkan dengan kegiatan seperti ini, pengetahuan demokrasi siswa-siswi SMAN 3 Brebes akan semakin maju," ungkapnya.
Dijelaskan, tujuan Pilketos secara langsung adalah untuk memberikan pengetahuan tentang sistem pemilihan umum saat ini. Dengan kegiatan seperti ini, para siswa secara langsung bisa mengetahui mekanisme proses pemberian suara dalam pemilu sehingga bisa menjadi bekal menjalani demokrasi di Indonesia.

Tidak ada komentar: