Jumat, 29 Juli 2011


Ujian Promosi Doktor Sri Lahir

Kepribadian Guru Bagian dari Kompetensi

BREBES - Peran kepala sekolah (kasek) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu proses dan keefektifan sekolah. Selain itu, kompetensi guru juga memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung. “Tidak kalah penting peran supervisi dan komite sekolah sangat berpengaruh terhadap kualitas proses pembelajaran di sekolah. Karena pada prinsipnya pendidikan merupakan proses pengembangan potensi siswa,” kata Drs H Sri Lahir MPd dalam disertasi untuk meraih gelar doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Pada ujian promosi doktor pendidikan, Sri Lahir yang juga Kepala SMA Negeri 1 Bulakamba, Brebes mengatakan, hasil analisis pengaruh kasek terhadap mutu proses pendidikan menghasilkan nilai 0,271.
 Artinya, pengaruh kasek terhadap mutu proses 27,1%. Dalam penelitian ini, faktor penentu yang paling besar terhadap keefektikan sekolah adalah kompetensi guru dan pembangun konstruksi yang dominan. Artinya, keefektifan sekolah dapat ditingkatkan apabila guru memiliki keperibadian yang arif, wibawa, dewasa, disiplin, jujur, dan dapat menjadi contoh bagi para siswanya. Sebab, saat ini banyak permasalahan-permasalahan pendidikan yang disebabkan oleh figur guru yang kurang memiliki kompetensi kepribadian.
Sangat Memuaskan
Implikasi penelitian ini menguatkan program pemerintah tentang pendidikan-budaya dan karakter bangsa (PBKB).
Sri Lahir juga mengungkapkan, peran komite sekolah sangat besar pengaruhnya terhadap mutu proses pebelajaran. Sebab, kondisi saat ini di lapangan khususnya di SMA Negeri, segala pembiayaan operasional dibebankan kepada orang tua murid. Di sinilah peran komite untuk memfasilitasi kebutuhan sekolah dalam proses pembelajaran.
Kepala sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan. Sebab idealnya, kepala sekolah harus dari guru yang memiliki kompetensi tinggi di bidangnya. Bukan dari unsur luar yang di dalamnya ada kepentingan politis. Begitu pula posisi jabatan struktural di lingkup pendidikan, sebaiknya dipegang oleh orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan.
Sri Lahir dengan disertasi “Faktor Penentu Keefektifan Sekolah pada SM Negeri di Kabupaten Brebes”, akhirnya dikukuhkan sebagai doktor dengan nilai sangat memuaskan. Dia tercatat sebagai alumnus doktor ke-85 atau ke-58 pada program pascasarjana Manajemen Pendidikan.(wh-75) (sumber : SUARA MERDEKA)


Tidak ada komentar: