Senin, 22 November 2010

KUOTA SERTIFIKASI 2011

Pendidikan

23 Nopember 2010

2011, Kuota Sertifikasi Meningkat

SEMARANG- Pada 2011 mendatang jumlah kuota sertifikasi guru akan mengalami kenaikan. Peningkatan tersebut bisa mencapai 50% dari tahun sebelumnya.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Kementerian Pendidikan Nasional, Baedhowi. “Kenaikannya 50% dari tahun sebelumnya,” katanya.

Berdasarkan data Dirjen PMPTK, kuota sertifikasi guru pada 2010 mencapai sekitar 200.000 orang. Maka dengan kenaikan 50%, kuota sertifikasi guru pada 2011 mendatang akan mencapai sekitar 300.000 orang.

Baedhowi menuturkan, proses sertifikasi guru tidak mengalami perubahan. Yakni diawali sertifikasi portofolio, apabila mereka tidak lolos, harus mengikuti pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG).

“Dengan PLPG, diharapkan mereka bisa meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan. Mengingat sertifikasi guru sama halnya dengan pengakuan profesi lain, seperti dokter, apoteker, dan sebagainya,” ujarnya.
Tahap Portofolio Terpisah, senada dengan Baedhowi, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dr Sulistyo MPd juga mengatakan, kuota guru yang mengikuti sertifikasi terutama pada proses PLPG akan meningkat. Hal ini karena tahapan tersebut sangat penting bagi proses pembelajaran guru.

’’Proses sertifikasi ini tidak hanya mengikuti tahap portofolio dengan mengumpulkan berkas-berkas atau bukti persyaratan kegiatan di masa lalu. Sebab dengan mengikuti PLPG, di sana guru akan mendapatkan pembelajaran untuk meningkatkan profesionalitas mereka,’’ tuturnya yang juga Ketua Komite III DPD RI ini.

Untuk mendorong peningkatan mutu profesi guru, lanjut dia, mereka harus memahami pedoman yang lebih baik dan dinas perlu turut melakukan sosialisasi supaya tidak menimbulkan kebingungan dan kebimbangan banyak pihak. (K3,H70-75) (SUARA MERDEKA)

Tidak ada komentar: