Jumat, 11 Desember 2009

Pendidikan

12 Desember 2009

Soal UN Disusun Januari 2010

SEMARANG-Departemen Pendidikan Nasional terus mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan digelar mulai Maret 2010.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menyusun soal-soal ujian untuk masing-masing jenjang, mulai dari SMA dan sederajatnya hingga SD dan sederajatnya mulai awal Januri 2010.

”Penyusunan soal UN akan dilakukan selama satu bulan. Diharapkan pada akhir Januari 2010 naskah soal ujian sudah tersusun dalam copy master dan siap digandakan,” kata anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof Dr Mungin Eddy Wibowo MPd Kons, kemarin.

Dia menjelaskan, UN untuk SMA dan sederajat akan digelar pada 22-26 Maret 2010. Pembuatan soal akan melibatkan berbagai kalangan seperti guru ahli, dosen ahli materi, ahli peneliti, dan lain-lain.

Masing-masing mata pelajaran akan disusun para pakar tersebut dengan jumlah penyusun setiap mata pelajaran dua orang.

Hasil pembuatan soal ujian kemudian akan divalidasi oleh BSNP dan para praktisi serta pakar lain. Selanjutnya, soal tersebut juga akan diujicobakan sebelum difinalisasi.

”Validasi dan uji coba dilakukan untuk menilai sejauh mana realibilitas dan mutu soal tersebut,” katanya.
Tak Ada Hambatan Setelah soal ujian selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mendistribusikan copy master ke dinas pendidikan di masing-masing provinsi. Kemudian satu bulan sebelum pelaksanaan ujian, soal sudah harus dicetak.

Mungin menambahkan, hingga kini tidak ada hambatan yang berarti terkait pelaksanaan UN.

Meski Mahkamah Agung menolak kasasi perkara UN yang diajukan pemerintah, Departemen Pendidikan Nasional tetap mempersiapkan pelaksanaannya pada 2010.

Payung hukum pelaksanaannya juga sudah diterbitkan, yakni Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 Tahun 2009 untuk Ujian Nasional tingkat SMA dan SMP dan Permendiknas Nomor 74/2009 untuk Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk SD.

Guna mematangkan persiapan pelaksanaan UN, Departemen Pendidikan Nasional akan menggelar rapat koordinasi tingkat nasional pada Selasa (15/12) di Jakarta.

”Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Pendidikan Nasional dan dihadiri para kepala dinas pendidikan tingkat provinsi dan Majelis Rektor,” imbuhnya. (J8,H31-45)

Sumber : Suara Merdeka (12-12-2009)

Tidak ada komentar: