Senin, 10 Oktober 2011

LOMBA PTK


LOMBA PEMILIHAN GURU, KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH BERPRESTASI DALAM PENULISAN PTK/PTS PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2011
Top of Form

A. Latar Belakang
Penelitian yang menitikberatkan pada perkembangan pendidikan dan mengenai mutu pendidikan dasar dan menengah secara terperinci masih relatif sedikit. Hal ini menyebabkan proses penjaminan mutu belum berjalan optimal. Dalam pencapaian standar mutu pendidikan bertaraf nasional bahkan internasional, diperlukan penelitian dan pengkajian penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) di Provinsi Jawa Tengah yang difokuskan pada penelitian dan pengembangan program, kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan secara berkesinambungan, kebijakan pendidikan dan model/pendekatan/ teknik/metode/media pembelajaran. Penelitian dan pengkajian ini dilaksanakan untuk menggali permasalahan, kendala, dan hambatan yang terjadi dalam bidang Dikdasmen dari tingkat kebijakan hingga pelaksanaan secara nyata di setiap jenjang pendidikan. Diharapkan pada tahap selanjutnya akan diperoleh solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan aktual yang sedang berkembang.
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah mempunyai tanggung jawab untuk melakukan pengkajian mutu pendidikan dalam rangka melaksanakan fasilitasi pengendalian dan penjaminan mutu perencanaan, proses dan hasil pendidikaan dasar dan menengah di Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, LPMP Provinsi Jawa Tengah berupaya mengembangkan penelitian dan pengkajian penjaminan mutu Dikdasmen, yang meliputi program, kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, kebijakan pendidikan dan model/pendekatan/teknik/metode/media pembelajaran. Untuk mewujudkan ke arah tersebut, maka LPMP Provinsi Jawa Tengah pada program tahun 2011 mengadakan lomba penulisan PTK bagi guru berprestasi (SD/SMP/SMA/SMK), PTK/PTS bagi kepala sekolah berprestasi (SD/SMP/SMA/ SMK) dan PTS bagi Pengawas Sekolah (TK/SD/Dikmen) Provinsi Jawa Tengah.
B. Dasar Hukum
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Stándar Nasional Pendidikan.
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 66 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.
6. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) LPMP Provinsi Jawa Tengah No. 0789.0/023-08.0/XIII/2011 tanggal 31 Desember 2010.
C. Tujuan
1. Untuk mengkaji permasalahan-permasalahan yang berkembang dalam dunia pendidikan di Jawa Tengah
2. Mencari penyelesaian/solusi terhadap permasalahan pendidikan
3. Menggali program pengembangan peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah melalui hasil-hasil penelitian yang relevan
4. Meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas dalam melaksanakan penelitian
D. Manfaat
Manfaat lomba PTK/PTS adalah mendapatkan data dan informasi berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang berkembang dalam dunia pendidikan di Jawa Tengah, sehingga dapat digunakan untuk mencari penyelesaian/solusi terhadap permasalahan pendidikan serta menggali program pengembangan peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah yang berupa rekomendasi akademis untuk peningkatan program selanjutnya.
E. Lingkup Kegiatan
Kegiatan ini diperuntukkan bagi para guru (SD/SMP/SMA/SMK), kepala sekolah (SD/ SMP/SMA/SMK) dan pengawas sekolah (TK/SD/Dikmen) Provinsi Jawa Tengah
F. Persyaratan
1. Peserta adalah para guru (SD/SMP/SMA/SMK), kepala sekolah (SD/SMP/ SMA/SMK) dan pengawas sekolah (TK/SD/Dikmen) di masing-masing kab/kota Provinsi Jawa Tengah.
2. Hasil PTK/PTS merupakan karya sendiri dan belum pernah dilombakan sebelumnya.
3. Hasil PTK/PTS ditandatangani atau disyahkan pejabat yang berwenang.
4. Hasil PTK/PTS dilengkapi dengan biodata (1 buah) dan softcopy dalam bentuk CD (1 keping).
5. Hasil PTK/PTS sudah dijilid softcover dengan ketentuan warna cover, yaitu: guru (SD/SMP/SMA/SMK) warna cover merah, kepala sekolah (SD/SMP/SMA/SMK) warna cover kuning dan pengawas sekolah (TK/SD/Dikdas) warna cover hijau.
6. Naskah yang masuk menjadi miliki panitia
G. Jangka Waktu
PTK/PTS dikirimkan d.a. Bidang Pemetaan dan Supervisi Mutu Pendidikan LPMP Provinsi Jawa Tengah Jln. Kya Maja Srondol Kulon Semarang 50263 Tlp. 024-7474192 pes 1731 atau 024-70780185 selambat-lambatnya tanggal 24 Oktober 2011 untuk dilakukan penilaian oleh tim LPMP Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya LPMP Jawa Tengah akan mengundang peserta yang PTK/PTSnya lolos penilaian awal untuk mempresentasikan di depan dewan juri pada tanggal 7-9 November 2011 (hanya mereka yang lolos penilaian awal yang akan diundang ke LPMP).
H. Bidang Kajian Penelitian
  1. Guru, yaitu: Penelitian Tindakan Kelas yang lebih berfokus pada model/pendekatan/ teknik/metode/media pembelajaran.
  2. Kepala sekolah, yaitu: Penelitian tindakan Kelas yang lebih berfokus pada model/pendekatan/teknik/metode/media pembelajaran atau Penelitian Tindakan Sekolah yang lebih berfokus pada penelitian kebijakan, evaluasi, supervisi, atau yang berkaitan dengan tugas pokok dan tanggung jawab kepala sekolah.
  3. Pengawas sekolah, yaitu: penelitian kebijakan, evaluasi, kepengawasan, supervisi, atau yang berkaitan dengan tugas pokok dan tanggung jawab pengawas.
I. Penghargaan Pemenang Lomba
Pemenang lomba dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Masing-masing kelompok ditentukan menjadi klasifikasi Juara Utama I, II dan III serta harapan I, II dan III. Guru, kepala sekolah dan pengawas yang masuk juara utama maupun harapan berhak mendapatkan piala, sertifikat, uang pembinaan dan naskahnya akan dimuat di jurnal Widyatama LPMP Provinsi Jawa Tengah.
J. Sistematika Laporan Hasil Penelitian
Bagian Pembuka
  1. Halaman Judul
  2. Lembar Pengesahan
  3. Pernyataan
  4. Kata Pengantar
  5. Daftar Isi
  6. Daftar Tabel (bila ada)
  7. Daftar Gambar (bila ada)
  8. Daftar Lampiran
  9. Abstrak
Bagian Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Pembatasan Masalah
D. Perumusan Masalah
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Landasan Teori
B. Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Berpikir Penelitian
D. Hipotesis Tindakan
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian
B. Subjek Penelitian
C. Sumber Data
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
E. Validasi Data
F. Analisis Data
G. Indikator Kinerja
H. Prosedur Penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Kondisi Awal
B. Deskripsi Tiap Siklus
C. Pembahasan Tiap dan Antar Siklus
D. Hasil Penelitian
BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Implikasi
C. Saran-saran
Bagian Penunjang
1. Daftar Pustaka
2. Lampiran-lampiran
Contak person:
1. Rija, M.Si. No. hp. 081325121376
2. Dedy Gunawan, M.Ed No. hp. 081386048143
Sumber :LPMP Jateng

Tidak ada komentar: